Siliconehose-uk.com – Info Gadget

Mengulas tentang gaya hidup penggemar gadget dan berita seputar teknologi gadget terbaru.

siliconehose – Layaknya bom waktu, kekurangan chip akibat pandemi COVID-19 akan berdampak pada produksi ponsel baru. Risikonya adalah harga ponsel baru bisa melambung tinggi.

Dampak Dari Kelangkaan Chip, Harga Smartphone Baru Terancam Naik

Kekurangan chip prosesor yang melanda industri elektronik menjadi semakin serius. Sejak awal pandemi virus corona, kelangkaan chip diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2022, dan berdampak pada kenaikan harga ponsel.

Chip prosesor adalah bagian penting dari pembuatan produk elektronik (termasuk smartphone). Menurunnya persediaan chip telah menyebabkan tertundanya rantai pasokan produsen komponen smartphone tersebut.

Sejak merebaknya pandemi COVID-19, banyak pabrik chip di China yang tutup kegiatan industrinya. Keadaan ini diperparah dengan adanya panic buying dari beberapa perusahaan untuk mengamankan stok mereka.

Hal ini menyebabkan kenaikan harga chip yang substansial. Chip mikrokontroler STMicroelectronics telah meningkat tujuh kali lipat, dari $ 2 menjadi $ 14.

Raksasa ponsel seperti Samsung, Xiaomi dan Realme telah mengkonfirmasi kelangkaan ini. Co-CEO Samsung Electronics dan Head of Mobile Business Xu Dongjin mengutip berita dari Reuters, Minggu (4/4/2021) bahwa ada ketidakseimbangan antara prosesor dan permintaan smartphone buatan Qualcomm.

Wakil presiden Xiaomi menulis di media sosial: “Kelangkaan ini telah mencapai batasnya.” Kelangkaan persediaan chip di pasar global telah menyebabkan kenaikan harga ponsel Xiaomi.

Kelangkaan chip prosesor juga membuat juru bicara Realme lantang. Dia mengungkapkan chip yang diproduksi Qualcomm sudah habis sehingga sulit bagi Qualcomm untuk memenuhi kebutuhan pemasok.

Di sisi lain, Foxconn, perusahaan yang banyak memproduksi produk elektronik, juga terkena imbasnya. Apple adalah salah satu pelanggan terbesar Foxconn dan telah menunda peluncuran seri iPhone 12 dan produk lainnya.

Beberapa produsen chip berencana melakukan ekspansi. Namun mengingat proses produksi yang kompleks, hal tersebut tentunya tidak akan tercapai dalam waktu dekat.

Di sisi lain, dengan munculnya kebijakan WFH dan pembelajaran jarak jauh, meningkatnya permintaan ponsel baru dan keberadaan beberapa perusahaan manufaktur ponsel yang terus mengeluarkan perangkat baru semakin mengakibatkan ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan chip.

Dikarenakan harga chip yang sangat mahal sehingga mengakibatkan kenaikan biaya produksi, otomatis perusahaan ponsel akan terpaksa menaikkan harga jual ponsel baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *