Siliconehose-uk.com – Info Gadget

Mengulas tentang gaya hidup penggemar gadget dan berita seputar teknologi gadget terbaru.

siliconehose – Pasar ponsel Indonesia diperkirakan akan tumbuh subur di tahun 2021. Faktanya, pandemi COVID-19 belum meredupkan penjualan ponsel. Ini sudah dibuktikan pada tahun 2020.

Tahun 2021 Pasar Ponsel Diprediksi Makin Bergeliat, Berikut Faktornya

Tahun lalu, meski pandemi melanda, pasar ponsel Indonesia masih bisa tumbuh meski dalam jumlah kecil. Berdasarkan laporan kuartalan pelacak ponsel kuartalan IDC, pengiriman smartphone di Indonesia mencapai 11,7 juta unit pada kuartal keempat tahun 2020.

Pada tahun 2020, total 36,8 juta perangkat akan dikirim ke negara tersebut. Jumlah ini meningkat 1% dibandingkan tahun sebelumnya. IDC memang melihat penurunan tajam -18% tahun-ke-tahun di pasar pada paruh pertama tahun 2020. Alasan penurunan tajam ini adalah karena banyak daerah telah menerapkan tindakan blokade.

Namun kemudian, pasar dapat pulih dengan cepat pada paruh kedua tahun 2020. IDC mencatat peningkatan tahun ke tahun sebesar 19%. Hal ini disebabkan terbatasnya pengadaan di kuartal kedua akibat kekurangan pasokan dan penutupan ritel.

Selain itu, peningkatan kegunaan smartphone untuk mendukung berbagai aktivitas kerja dan belajar di rumah juga turut mendorong pertumbuhan tersebut.

Rendahnya daya beli konsumen dan permintaan ponsel yang terjangkau mendorong pertumbuhan segmen pasar kelas bawah yang akan mencapai 45% pada 2019. Hal tersebut membawa pangsa pasar ponsel dari 1,5 juta rupiah menjadi 3 juta rupiah yang mencapai 65%, selain itu juga memicu persaingan yang ketat antar merek – merek utama ponsel Android.

“Pasar smartphone Indonesia mampu bertahan dari pandemi COVID-19, yang telah mengubah cara orang berinteraksi. Permintaan ponsel cerdas melonjak, baik untuk mendukung work from home, home based learning, layanan streaming hiburan, atau sekadar berkomunikasi secara virtual,” kata Market Analyst IDC Indonesia Risky Febrian, belum lama ini.

Ia menambahkan, penerapan regulasi registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) juga terus menunjukkan hasil yang positif. Hal tersebut dapat meminimalisir peredaran smartphone ilegal di pasaran.

Risky menyimpulkan: “Faktor ini diperkirakan akan memainkan peran penting dalam pemulihan lebih lanjut pasar ponsel cerdas pada tahun 2021 dan seterusnya, dan kami memperkirakan bahwa pasar ini akan tumbuh sekitar 20% pada tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *